...

Minyak Alami VCO untuk Kucing Sembelit & 6 Penyebab Sembelit

Tulisan ini menjelaskan tentang  vco untuk kucing sembelit yang kamu pelihara untuk menjaga kesehatan kucing.

Pendahuluan – VCO untuk Kucing Sembelit

Sejak dulu minyak kelapa telah digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Namun belakangan ini minyak kelapa (terutama jenis Virgin Coconut Oil atau VCO) cukup populer digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya mengatasi sembelit.

VCO untuk Kucing Sembelit

“Untuk digunakan pada kucing yang mengalami sembelit,  pilihlah minyak kelapa murni (food grade, non-terhidrogenasi) yang belum difraksinasi. Meskipun secara umum minyak kelapa aman digunakan untuk kucing, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberikan virgin coconut oil (VCO) untuk mengatasi sembelit pada kucing”

Mari kita bahas VCO untuk Kucing Sembelit!

VCO untuk Kucing Sembelit

Minyak kelapa atau virgin coconut oil telah lama digunakan untuk memasak. Selain itu, VCO (minyak kelapa murni) juga umum digunakan sebagai obat herbal, karena banyak manfaat kesehatan dari VCO bagi manusia.

Namun, faktanya beberapa orang juga mulai memberikan VCO sebagai pengobatan alami untuk hewan peliharaan. Contohnya untuk mengatasi sembelit pada kucing.

VCO (minyak kelapa murni) adalah minyak nabati yang diekstraksi dari daging kelapa matang. Untuk digunakan pada kucing sembelit, dengan catatan pilihlah VCO (food grade, non-terhidrogenasi) yang belum difraksinasi.

Lantas, bagaimana cara menggunakan VCO untuk kucing sembelit?

Bagaimana Mengetahui Kucing Sembelit?

Cara Menggunakan VCO untuk Kucing Sembelit

Perhatikan kebiasaan buang air besar (BAB) pada kucing. Umumnya, kucing harus BAB setiap hari. Jika kamu sudah melatih kucing agar BAB di boks yang sudah disediakan, maka pemantauan bisa lebih mudah.

Kotoran kucing umumnya berwarna coklat, berbentuk, dan cukup lengket untuk menempel pada pasir kotak BAB kucing.

Jika kucing tidak buang air besar setiap hari, maka mungkin saja dia mengalami sembelit. Jika kotoran sangat keras dan tidak lengket sama sekali, maka kondisi tersebut bisa menjadi tanda awal  kucing mengalami sembelit. Penggunaan VCO untuk kucing sembelit menjadi salah satu tips mengatasinya.

Proses buang air besar yang lama. Misalnya, ketika kucing pergi ke kotak sampah untuk buang air besar, perhatikan berapa lama kucing itu ada sebelum akhirnya buang air besar.

Ketika hewan mengalami konstipasi, mereka akan merasakan sakit karena kotoran yang telah menumpuk dan mengeras akan terasa sakit saat mengeluarkannya sehingga akan memakan waktu lama.

Perhatikan luka di anus. Saat konstipasi, kotoran mengeras, terkadang akan menyebabkan lepuh di saluran anus.

Periksa anus hewan saat buang air besar, selain rasa sakit biasanya disertai darah keluar bersama kotoran.

Perlu juga dicatat bahwa kemungkinan keluarnya anus (prolapsus ani) karena mendorong terlalu besar. Oleskan VCO untuk kucing sembelit agar mengurangi rasa sakit.

Baca juga:

Apakah Fungsi VCO untuk Kucing itu Nyata? 

Bagaimana cara menggunakan vco untuk kucing?

Cara Menggunakan VCO untuk Kucing Sembelit

VCO (minyak kelapa murni) mudah menyerap di saluran pencernaan kucing. Itulah sebabnya, VCO untuk kucing sembelit adalah cara yang aman untuk meredakan sembelit pada kucing. Hal ini dikarenakan kelembapan dan asam lemak membantu pergerakan tinja yang tertahan di saluran usus.

Cara menggunakannya juga mudah kok. Beberapa dokter hewan mungkin mengizinkan pemberian VCO sebanyak 2.5 ml – 3 ml dua kali sehari untuk mengobati konstipasi pada kucing.

Cobalah perkenalkan minyak kelapa ke kucing dengan perlahan dan sedikit saja. Untuk pertama-tama kamu bisa memberikan sebanyak 1/8 sendok teh terlebih dahulu.

Dengan cara ini, kamu bisa melihat apakah kucing mengalami alergi atau justru menyukai VCO. Dalam beberapa kasus, kucing mungkin tidak mampu mentolerir virgin coconut oil dengan baik.

Bahkan, bisa menyebabkan diare jika kamu memberikannya terlalu banyak. Oleh sebab itu, coba dan lihat apakah kucing menjilati minyak kelapa dari sendok. Jika tidak, kamu bisa mencampurkannya dengan makanan basah.

Oleh karena itu coba oleskan  VCO untuk kucing sembelit di anus, VCO merupakan minyak alami yang aman untuk manusia, begitu juga dengan kucing.

Pemberian VCO pada anus bisa berfungsi sebagai pelumas, diharapkan bisa melunakkan feses dan tidak nyeri saat pup.

6 Penyebab sembelit pada kucing – VCO untu Kucing Sembelit

Sumbatan di usus - VCO untuk Kucing Sembelit

Ternyata permasalahan  dan gangguan yang terjadi pada kucing pun tidak jauh berbeda dengan manusia. Kalau manusia bisa sembelit, kucing juga bisa loh!.

Penyebab pertama kucing sembelit adalah dehidrasi. Itulah alasannya disarankan untuk memberi makan kucing dengan makanan yang basah. Kucing tidak dapat memenuhi kebutuhan air meski sudah disiapkan mangkuk air.

Kucing yang hanya diberi makanan kering biasanya mengalami dehidrasi kronis yang konstan, sehingga menyebabkan sembelit. Menambahkan VCO untuk kucing sembelit mungkin dapat membantu. Selain itu, kurangnya olahraga dan aktivitas fisik juga bisa menyebabkan kucing sembelit.

Sembelit bukan merupakan penyakit, tapi gejala dari beberapa penyakit yang mempengaruhi saluran cerna.

Berikut 6 Penyebab sembelit pada  kucing:

1.Nutrisi 

Kurang konsumsi serat, bisa menjadi salah satu penyebab sembelit. Serat tidak hanya berasal dari sayuran dan buah, tetapi juga ada di tulang , jeroan, daging, sumber karbohidrat yang biasa ada dikandungan makanan kemasan hewan kesayangan. Selain itu menambahkan VCO untuk kucing sembelit bisa membantu.

Serat kebanyakan akan keluar bersama feses (kotoran) karena tidak seluruhnya tercerna, namun fungsi serat  sangat penting untuk meningkatkan fungsi saluran cerna, sehingga usus bisa melakukan gerakan-gerakan mencerna, merangsang kerja bakteri baik, sehingga nutrisi bisa terserap dengan baik. 

2.Stres dan gangguan psikis

Kucing bisa juga mengalami stress, biasanya menyebabkan aktifitasnya berubah dan terganggu. Beberapa penyebabnya yaitu :

> Perubahan lingkungan 

Saat pemilik pindah rumah dan hewan peliharaan berada berada pada lingkungan baru, biasanya mereka akan memulai proses penyesuaian dulu. Saat proses penyesuaian berlangsung, biasanya metabolisme tubuh akan  berpengaruh. Bentuk dari pengaruh tersebut bermacam-macam seperti diare atau konstipasi.

> Perubahan kebiasaan

Misalnya letak kotak pasir yang dipindahkan oleh pemilik atau lokasi tempat hewan biasa pup, dirubah. Hewan akan kebingungan mencari lokasi pup dan pada akhirnya akan ditahan. Saat kotoran ditahan dan menumpuk, lama kelamaan akan mengeras dan terjadi konstipasi

kucing nguap

3.Infeksi dan kelainan tubuh bagian belakang 

Infeksi atau peradangan di saluran pencernaan karena agen penyakit bisa juga menyebabkan gangguan di saluran cerna karena untuk mengejan sakit. Misalnya infeksi di saluran kencing, infeksi pada rahim, abses pada anal gland.

Jika hewan mengalami sakit pada bagian belakang , misalnya tertabrak atau cedera yang menyebabkan tulang panggul patah, gangguan otot dan syaraf yang menyebabkan inervasi syaraf ke otot spyncter rektum terganggu jadi tidak bisa defekasi (pup).

4.Sumbatan di usus – VCO untuk Kucing Sembelit

Usus bisa mengalami sumbatan akhirnya feses tidak bisa dikeluarkan, dikarenakan kelainan anatomi sejak lahir, atau  atau bisa juga sumbatan di usus karena adanya tumor.

5. Rambut menyumbat saluran cerna

Kucing rambut panjang akan menjilati rambutnya yang rontok dan tertelan (hairball). Terkadang hariball tidak dimuntahkan dan keluar bersamaan dengan kotoran. Jika jumlah rambut terlalu banyak, maka akan menyebabkan sembelit. Menambahkan VCO untuk kucing sembelit menjadi salah satu solusinya.

6.  Memakan benda asing

Kucing yang senang bermain diluar atau yang bertipe outdoor, terkadang penasaran dengan benda yang dilihatnya dan mencoba memakannya. Jika benda tersebut terlalu besar maka akan menghambat saluran cerna dan menjadi sembelit.

coconut oil

Penutup – VCO untuk Kucing Sembelit

Terima kasih telah membaca tulisan kami yang tentang VCO untuk Mengatasi Sembelit pada Kucing ini. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam merawat kucing peliharaan.

Jangan lupa share artikel ini pada teman penyayang binatang yang memiliki masalah yang sama.

Selalu berikan makanan yang alami berkualitas bagi hewan kesayangan Kamu seperti raw food kucing.

Silahkan baca artikel lain di website GogogMeong Raw Food Kucing – Anjing.

Artikel ini merupakan bagian dari artikel kami yang mengulas mengenai Minyak VCO untuk Kucing.

error: Alert: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.