...

Macam Macam Jamur pada Kucing yang Patut Kamu Waspadai!

Pada tulisan kali ini, Kamu akan mengetahui apa saja macam macam jamur pada kucing agar kamu dapat mencegah penyebarannya.

Pendahuluan

Jamur adalah parasit, organisme penghasil spora. Mereka mendapatkan makanan mereka dengan menyerap makanan dari inang tempat mereka tumbuh.

Banyak spesies jamur yang ada di lingkungan, tetapi hanya beberapa yang menyebabkan infeksi. Sumber utama sebagian besar infeksi adalah tanah. Infeksi jamur dapat diperoleh melalui inhalasi, konsumsi, atau melalui kulit (misalnya, melalui luka).

Beberapa infeksi jamur dapat menyebabkan penyakit pada hewan yang sehat, sementara yang lain memerlukan inang yang sakit, lemah, atau immunocompromised untuk membangun infeksi. Penggunaan jangka panjang obat antibiotik atau agen imunosupresif tampaknya meningkatkan kemungkinan beberapa infeksi jamur.

macam macam jamur pada kucing 1

Infeksi itu sendiri mungkin terlokalisasi, atau dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Secara umum, infeksi jamur yang mempengaruhi kulit (seperti:kurap) sering terjadi pada kucing, sedangkan infeksi jamur umum sangat jarang.

Macam Macam Jamur pada Kucing

Berikut adalah macam macam jamur pada kucing yang perlu kalian tahu.

Aspergillosis

Aspergillosis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh beberapa spesies Aspergillus. Ini terutama merupakan infeksi pernapasan yang mungkin jarang menyebar ke seluruh tubuh.

Aspergillosis ditemukan di seluruh dunia dan di hampir semua hewan peliharaan serta di banyak hewan liar. Namun, kerentanan terhadap infeksi jamur bervariasi antar spesies. Rongga hidung, sinus, dan bentuk paru-paru telah dijelaskan pada kucing domestik.

Kucing yang sudah stres karena penyakit (seperti infeksi virus) atau imunosupresi mungkin lebih mungkin terinfeksi. Tanda-tandanya tidak spesifik dan termasuk peradangan sinus, pembengkakan wajah, dan pneumonia.

Jamur juga dapat menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan tanda-tanda neurologis (seperti kejang). Menetapkan diagnosis yang akurat bisa jadi sulit dan mungkin memerlukan sinar-x, computed tomography, dan pengujian laboratorium.

Pembedahan dan obat antijamur biasanya direkomendasikan untuk mengobati aspergillosis; namun, prospeknya tergantung pada kondisi keseluruhan kucing dan tingkat infeksi.

Kandidiasis

Kandidiasis adalah penyakit jamur lokal yang mempengaruhi selaput lendir dan kulit. Ini terasebar di seluruh dunia dalam berbagai hewan dan paling sering disebabkan oleh spesies jamur seperti ragi, Candida albicans.

Kandidiasis jarang terjadi pada kucing, tetapi telah dikaitkan dengan penyakit pernapasan mulut dan atas, lesi mata, infeksi ruang antara paru-paru dan dinding dada, penyakit usus, dan infeksi kandung kemih.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hewan untuk infeksi termasuk cedera pada salah satu selaput lendir, penggunaan kateter, pemberian antibiotik, dan obat atau penyakit imunosupresif.

Tanda-tanda infeksi bervariasi dan tidak spesifik (misalnya, diare, kelemahan, lesi kulit), mungkin lebih terkait dengan kondisi primer atau predisposisi dibandingkan dengan infeksi Candida itu sendiri.

Salep atau aplikasi topikal mungkin berguna dalam pengobatan kandidiasis oral atau kulit. Melalui suntikan untuk pengobatan kucing yang terinfeksi.

Coccidioidomycosis – Macam Macam Jamur pada Kucing

macam macam jamur pada kucing 2

Coccidioidomycosis merupakan penyakit pernapasan kronis. Kucing yang terinfeksi paling sering mengalami masalah kulit (lesi kulit yang mengering, benjolan di bawah kulit, abses), demam, kurang nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Tanda-tanda yang kurang umum pada kucing termasuk kesulitan bernapas, kepincangan, tanda-tanda neurologis, dan kelainan mata. Infeksi menyebar ke beberapa lokasi di tubuh pada sekitar setengah dari kucing yang terinfeksi. Diagnosis didasarkan pada tes darah atau identifikasi jamur dalam sampel jaringan dari hewan.

Perawatan melibatkan obat antijamur jangka panjang. Prognosisnya dijaga, tetapi kucing dengan infeksi kulit dapat merespons pengobatan. Tidak ada pencegahan yang diketahui selain mengurangi paparan hewan peliharaan Anda ke tanah gurun dan debu sebanyak mungkin di area di mana jamur muncul.

Baca Juga:

Benarkah Kunyit untuk Jamur Kucing Menyembuhkan?

Cryptococcosis

Cryptococcosis adalah penyakit jamur yang dapat mempengaruhi saluran pernapasan (terutama rongga hidung). sistem saraf pusat, mata, dan kulit (terutama wajah dan leher) kucing. Cryptococcosis menjadi salah satu dari macam macam jamur pada kucing yang perlu kamu waspadai.

Hal ini disebabkan oleh jamur Cryptococcus neoformans dan Cryptococcus gattii, yang ditemukan di seluruh dunia di tanah dan kotoran burung, terutama di kotoran merpati. Penularan melalui inhalasi spora atau kontaminasi luka.

Cryptococcosis paling sering terjadi pada kucing. Tanda-tanda pernapasan bagian atas setelah infeksi rongga hidung adalah yang paling umum. Tanda-tandanya seperti: bersin hidung berdarah jernih atau berisi nanah, massa seperti polip di lubang hidung, dan pembengkakan keras di bawah kulit dan di atas batang hidung.

Area benjolan kecil dan nodul dapat mempengaruhi kulit, ini mungkin terasa lembut (berisi cairan) atau keras. Area ini dapat mengalami ulserasi, meninggalkan permukaan yang kasar. Tanda-tanda neurologis yang terkait dengan kriptokokosis sistem saraf pusat termasuk depresi, perubahan temperamen, kejang, berputar-putar, kelumpuhan ringan, dan kebutaan. Kelainan mata juga dapat berkembang.

Cryptococcosis didiagnosis menggunakan evaluasi mikroskopis sampel yang diambil dari daerah yang terkena atau melalui tes laboratorium lainnya. Berbagai obat antijamur dapat diresepkan untuk pengobatan kriptokokosis.

Histoplasmosis

macam macam jamur pada kucing 3

Macam macam jamur pada kucing lainnya adalah Histoplasmosis. Tanda-tandanya bervariasi dan tidak spesifik, mencerminkan berbagai keterlibatan organ. Kadang-kadang, infeksi hanya melibatkan paru-paru, dan kucing menunjukkan tanda-tanda demam, sesak napas, dan batuk.

Organ yang paling sering terkena adalah paru-paru, usus, kelenjar getah bening, hati, limpa, dan sumsum tulang. Tanda-tanda penyakit seperti depresi, demam, dan nafsu makan yang buruk sering terjadi, serta kesulitan bernapas, diare kronis, kehilangan darah usus, anemia, dan penurunan berat badan.

Infeksi tulang, mata, kulit, dan sistem saraf pusat dapat terjadi. Diagnosis memerlukan identifikasi jamur dalam cairan atau jaringan tubuh.

Pengobatan histoplasmosis luas sulit. Hal ini membutuhkan penggunaan obat antijamur dan pengobatan suportif, seperti nutrisi yang cukup, cairan tambahan (hidrasi), dan pengendalian infeksi bakteri sekunder. Pengobatan antijamur harus dilanjutkan untuk waktu yang lama.

Misetoma – Macam Macam Jamur pada Kucing

Mycetomas adalah infeksi pada kulit dan jaringan di bawahnya yang tampak seperti nodul atau tumor. Ketika lesi tersebut disebabkan oleh jamur, mereka dikenal sebagai misetoma eumycotic.

Jamur berkembang biak dalam lesi dan mengorganisir menjadi agregat yang dikenal sebagai butiran atau biji-bijian. Butiran mungkin dari berbagai warna dan ukuran, tergantung pada spesies jamur yang terlibat. Mycetomas jarang terjadi pada kucing.

Kebanyakan misetoma eumycotic terbatas pada jaringan di bawah kulit, tetapi beberapa mungkin merupakan perluasan dari infeksi jamur di perut. Pada kucing, misetoma biasanya ditandai dengan bintil-bintil kulit pada tungkai dan kaki atau pada wajah. Ketika kaki atau anggota badan terlibat, infeksi dapat meluas ke tulang di bawahnya.

Blastomikosis

Blastomyces

Blastomycosis yang disebabkan oleh jamur Blastomyces dermatitidis. Kucing adalah salah satu spesies yang paling sering terkena (selain manusia dan anjing), tetapi kucing mengembangkan tanda-tanda blastomikosis di banyak organ jauh lebih jarang daripada anjing.

Bentuk infektif blastomikosis biasanya terhirup ke dalam paru-paru. Ketika pertahanan pernapasan kewalahan atau imunosupresi, infeksi menyebar dari paru-paru melalui aliran darah.

Infeksi dapat terjadi melalui kulit, tetapi penyebaran dari infeksi paru-paru jauh lebih umum. Blastomikosis merupakan macam macam jamur pada kucing yang dapat menyebar melalui aliran darah.

Dokter hewan kamu mungkin mencurigai blastomikosis berdasarkan tanda-tanda penyakit kucing, terutama batuk atau kesulitan bernapas. Rontgen dada sering dilakukan. Diagnosis dapat dibuat dengan mengidentifikasi jamur di jaringan yang terkena atau dengan tes darah atau urin.

Pengobatan blastomikosis ditujukan untuk menghilangkan tanda-tanda tertentu (seperti kesulitan bernapas, batuk, atau masalah mata) dan menghilangkan jamur dari tubuh. Perawatan mungkin termasuk satu atau lebih obat antijamur, yang diberikan untuk waktu yang lama (seringkali 2 bulan atau lebih) sampai penyakit aktif tidak terlihat. Kekambuhan dapat terjadi.

Phaeohyphomycosis – Macam Macam Jamur pada Kucing

Phaeohyphomycosis jarang terjadi pada kucing. Dalam kebanyakan kasus, infeksi terbatas pada kulit dan jaringan di bawah kulit. Massa yang membesar perlahan di bawah kulit ditemukan di jari kaki, telinga, wajah, dan lapisan saluran hidung.

Nodul dapat mengalami ulserasi dan memiliki saluran drainase. Phaeohyphomycosis bisa sulit diobati. Operasi pengangkatan lesi bisa menjadi obat. Pengobatan dengan obat antijamur dapat dipertimbangkan jika operasi tidak memungkinkan.

Sporotrichosis

Sporotrichosis adalah penyakit sporadis jangka panjang yang disebabkan oleh Sporothrix schenckii. Infeksi biasanya terjadi ketika organisme memasuki tubuh melalui luka kulit melalui kontak dengan tanaman atau tanah.

Penularan penyakit dari hewan, terutama kucing, ke manusia dapat terjadi. Kucing dapat menyebarkan sejumlah besar jamur dari luka yang terinfeksi dan ke dalam kotorannya.

Sporotrichosis lebih sering terjadi pada kucing daripada spesies lain. Infeksi dapat tetap terlokalisasi di tempat masuknya (hanya melibatkan kulit) atau dapat menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya. Pada kucing, area yang terkena paling mungkin terjadi di kepala, terutama batang hidung atau telinga.

Sporotrichosis adalah infeksi jamur terakhir dari macam macam jamur pada kucing yang kita bahas kali ini.

recovery cats

Penutup

Terima kasih telah membaca tulisan kami yang tentang Macam Macam Jamur pada Kucing yang Patut Kamu Waspadai! ini. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam merawat kucing peliharaan.

Jangan lupa share artikel ini pada teman penyayang binatang yang memiliki masalah yang sama.

Selalu berikan makanan yang alami berkualitas bagi hewan kesayangan Kamu seperti raw food kucing.

Silahkan baca artikel lain di website GogogMeong Raw Food Kucing – Anjing.

Artikel ini merupakan pelengkap dari artikel utama kami yang mengulas mengenai cara mengobati jamur pada kucing

error: Alert: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.