...

Cara Mengobati Abses Pada Kucing Ikuti Semua Tahapannya!

Artikel ini akan membahas tahapan bagaimana cara mengobati abses pada kucing yang wajib kamu lalaui untuk membebaskan kucing kamu dari penyakit abses.

Pengantar Cara Mengobati Abses Pada Kucing

Abses bisa mempengaruhi kucing mana saja kapan saja dalam kehidupan mereka. Maka, bila Kamu mempunyai kucing dalam keluarga, peluang satu hari Kamu kemungkinan mempunyai abses kucing pada tangan Kamu.

Maka kucing piaraan Kamu akan tergantung pada kontribusi Kamu untuk mengembalikannya ke diri mereka yang normal dan berbahagia.

Tetaplah membaca untuk ketahui apa yang penting Kamu kenali mengenai apa itu abses kucing, bagaimana cara mengobati abses pada kucing, apa yang perlu dilaksanakan saat abses mendekati, dan bagaimana ketahui kapan waktunya mengontak dokter hewan untuk minta kontribusi.

Cara Mengobati Abses Pada Kucing Ikuti Semua Tahapannya

Abses Pada Kucing

Sebelum membahas bagaimana cara mengobati abses pada kucing, mari kita bahas sekitas tentang abses pada kucing terlebih dahulu.

Abses kucing ialah tempat infeksi yang umumnya terjadi di kulit dan jaringan di bawahnya. Abses umumnya disebabkan karena bakteri yang masuk ke kulit lewat cedera gigitan atau tusukan.

Mulut dan cakar kucing dengan alami memiliki kandungan banyak bakteri yang gampang beralih ke cedera yang mengakibatkan infeksi. Saat infeksi tidak diobati, tanggapan inflamasi dipacu, menarik sebagian besar sel darah putih ke tempat itu.

Abses kucing ada saat badan menantang infeksi bakteri lokal. Ini tercipta sebagai kantong nanah, yang terbagi dalam bakteri dan sel darah putih. Tersering, abses dihubungkan dengan cedera atau guratan yang terkena, dan ada sebagai tonjolan di bawah kulit.

Nanah mulai tercipta, yakni saat infeksi beralih menjadi abses. Tempat yang terserang mulai berkembang, membuat kemelut di bawah kulit dan infeksi selanjutnya pada jaringan disekelilingnya.

Saat abses tumbuh, pada akhirnya pecah dan nanah mengucur keluar. Abses kucing ialah permasalahan kesehatan yang menyakitkan dan mempunyai potensi serius yang penting dirawat di rumah sakit hewan.

Cara Mengobati Abses Pada Kucing

Tipe yang lain ialah abses gigi kucing dan abses intern, yang lebih jarang-jarang kelihatan.

Jadi secara simpel dari abses pada kucing ialah “kantong nanah” yang berada pada sebuah tempat pada tubuh. Abses umumnya diterangkan oleh di mana mereka ada dalam badan. Misalkan, abses akar gigi terjadi di ujung akar gigi, dan abses subkutan terjadi di bawah kulit.

Umumnya, abses ada mendadak sebagai bengkak yang menyakitkan (bila tidak berada dalam rongga badan atau jauh dalam jaringan) yang kemungkinan keras waktu dipegang, atau bisa didesak seperti balon air.

Abses dapat kecil atau besar, kerap memunculkan kemerahan bila ada di bawah kulit, dan bisa mengakibatkan kerusakan jaringan lokal. Beberapa abses akan pecah, keluarkan sekret yang bau busuk.

Kucing dengan abses akan kerap alami demam, walau abses sudah pecah dan mengucur ke luar badan. Bila abses berada pada tubuh (misalkan, di hati), demam akan diharap.

Kemungkinan ada kompleksitas tambahan dari infeksi intern yang semakin makin tambah meluas atau bakteri dalam saluran darah bila abses sudah pecah secara intern.

Cara Mengobati Abses Pada Kucing

Perawatan akan berlainan berdasar berapa dalam dan parahnya infeksi. Dalam umumnya kasus, dokter hewan Kamu akan bersihkan tempat abses sebanyak-banyaknya, dan kemungkinan memberi resep antibiotik untuk menantang infeksi dan pembasmi merasa sakit untuk kurangi ketaknyamanan kucing Kamu bila perlu. Dalam kasus yang lebih jarang-jarang, abses kemungkinan perlu diobati dengan pembandinghan.

Saat cedera kucing Kamu sedang pada proses pengobatan, yakinkan Kamu jaga kebersihan tempat itu dan memberikan kucing Kamu peluang untuk menjauhi keramaian dan hingar-bingar rumah tangga, terlebih bila ada hewan piaraan lain disekelilingnya. Pada sebuah atau dua minggu, kucing Kamu akan balik ke dianya yang normal.

Bila kucing Kamu menanggung derita abses akar gigi, dokter hewan Kamu kemungkinan perlu mengambil gigi yang terserang.

Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Kucing Kitten

Cara Mengobati Abses Pada Kucing – Fasa Pengobatan

Cara mengobati abses pada kucing benar-benar gampang dan umumnya mencakup:

  • Jika abses telah jadi kering, tempat itu akan dibikin bersih secara detail.
  • Abses yang belum mulai jadi kering kemungkinan mewajibkan kucing dibius untuk operasi simpel.
  • Antibiotik.
  • Pembersihan dan perawatan di dalam rumah akan dibutuhkan saat tempat itu pulih.

Dokter hewan Kamu akan memberi perintah yang disamakan dengan keperluan dan tingkat keparahan infeksi kucing Kamu.

Cara Mengobati Abses Pada Kucing – Fasa Pemulihan

Mayoritas abses kucing pulih dalam kurun waktu dua minggu dengan perawatan yang akurat.

Bila abses tidak pulih sama seperti yang diharap, kucing Kamu kemungkinan alami infeksi bakteri yang resisten atau menanggung derita leukemia kucing (FeLV) atau virus imunodefisiensi kucing (FIV), yang bisa memengaruhi mekanisme ketahanan tubuh dan pengobatan.

Untuk menahan abses di masa datang, kucing jantan harus dikebiri untuk kurangi sikap teritorial dan perkelahian. Bila kucing Kamu habiskan beberapa waktu di luar ruang, tanya ke dokter hewan Kamu apa dia harus terima vaksin FeLV.

Baca Juga:

Waspada! Inilah Penyebab Abses Pada Kucing Kamu

Apa Itu Abses Pada Kucing? Hal-Hal Yang Wajib Diketahui!

Ini Dia Penyebab Kucing Luka Berlubang Dan Bernanah!

Factor Resiko Perubahan Abses Pada Kucing

Kita sudah tahu cara mengobati abses pada kucing, kira-kira faktor resiko apa saja yang mengakibatkan penyakit tersebut pada kucing.

Ada organ dan jaringan tertentu yang cukup kerap terserang abses. Infeksi yang disebarkan lewat darah pada umumnya bisa mengakibatkan abses hati.

Kerusakan pada gigi bisa mengakibatkan abses akar gigi.

Cedera gigitan bisa mengakibatkan abses di bawah kulit.

Benda asing yang terisap, atau pneumonia berat, bisa mengakibatkan abses paru.

Infeksi telinga sisi dalam, infeksi sinus kronis, atau infeksi jauh dalam mulut bisa mengakibatkan abses otak.

Bagaimana Dokter Hewan Menganalisis Abses Kucing

Sebelum dokter menerapkan cara mengobati abses pada kucing, dokter akan melakukan diagnose pada kucing kamu terlebih dahulu.

Bila dokter hewan Kamu curigai ada abses pada kucing Kamu, mereka akan lakukan pengecekan. Ini kemungkinan terhitung mengevaluasi kisah kesehatan kucing dan membahas kejadian menggigit atau berkelahi belakangan ini.

Dokter hewan akan bertanya apa Kamu rasakan ngilu, lebam, atau cairan bau busuk.

Test Kimia Darah

Tergantung pada kisah kesehatan kucing Kamu dan pengecekan fisik, dokter hewan Kamu mungkin saja lakukan test kimia darah untuk memperoleh deskripsi lengkap yang terang mengenai kesehatan kucing Kamu.

Sitologi

Sepanjang test ini, dokter hewan Kamu akan kumpulkan sedikit contoh cairan dengan jarum yang paling lembut dan swab steril. Kotoran akan dicheck di bawah mikroskop dan kemungkinan dibiakkan untuk mengenali tipe bakteri.

Microscopic examination of suspected hairs

Penutup Cara Mengobati Abses Pada Kucing

Terima kasih telah membaca artikel kami yang dengan judul “Cara Mengobati Abses Pada Kucing Ikuti Semua Tahapannya!“.

Silakan baca artikel kami yang dalam web GogogMeong Raw Food Kucing Anjing.

Artikel ini merupakan bagian dari artikel kami yang mengulas mengenai abses pada kucing.

error: Alert: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.