...

Gimana nih cara menghilangkan jamuran kucing?

Tulisan ini menjelaskan cara menghilangkan jamuran kucing yang tentunya akan bermanfaat untuk kamu dalam merawat kucing jamuran.

Pendahuluan

Kucing kalian jamuran? Bingung gimana cara menghilangkan jamuran kucing? Yuk kita sama-sama pelajari bersama pada tulisan kali ini!

Penyakit jamur pada kucing menyebabkan gatal berlebih dan jika digaruk dapat menimbulkan luka. Menurut publikasi Western Carolina Regional Animal Hospital, tanah adalah penyebab utama jamur pada kucing. Kucing dapat tertular infeksi jamur dengan menelan, menghirup, atau melalui kulit.

Jamur kucing adalah organisme parasit yang menghasilkan spora. Jamur memakan inang untuk mendapatkan makanan. Meskipun banyak spesies jamur ada di lingkungan, hanya beberapa yang akan menyebabkan infeksi pada kucing.

Cara Menghilangkan Jamuran Kucing

Berikut ini terdapat beberapa cara menghilangkan jamuran kucing yang perlu kalian ketahui:

1. Karantina Kucing

cara menghilangkan jamuran kucing 2

Jika kamu melihat adanya jamur pada tubuh kucing, kamu harus memisahkan kucing itu dari area di sekitar kucing lainnya. Dengan mengkarantina di kamar khusus, karena jamur dapat menginfeksi kucing lain.

Hindari kontak langsung dengan kucing lain. Selain itu, alat yang digunakan berbeda dari handuk, tempat tidur, tempat makan, karpet dan lain-lain.

2. Mandi

Kamu bisa memandikan kucing untuk menghentikan atau mengurangi jamur sehingga biji tidak lagi tumbuh. kamu bisa menggunakan sampo untuk memandikannya seperti sebazol, lazeb, dll.

3. Pengeringan – Cara Menghilangkan Jamuran Kucing

Memandikan kucing sangat penting, tetapi jangan lupa bahwa kamu juga perlu mengeringkan kucing. Jangan biarkan area tersebut lembab karena ini akan menyebabkan jamur tumbuh lebih produktif. Untuk memastikan kucing kering, kamu juga bisa menambahkan 15 menit agar pengeringan terasa maksimal.

4. Bercukur

cara menghilangkan jamuran kucing 1

Langkah mudah dalam merawat kucing jamuran adalah mencukur bulu di daerah jamur. Rambut yang tumbuh di sekitar kulit yang terinfeksi jamur biasanya rapuh pada akarnya, jadi mengukur dan mengekstraknya cukup mudah. Jika ada infeksi jamur pada kulit, semua kucing harus dicukur agar perawatannya lebih mudah.

5. Obat Oral – Cara Menghilangkan Jamuran Kucing

Dalam hal pengobatan oral, perawatan dilakukan dengan memasukkan benda/obat ke dalam tubuh melalui mulut. Metode yang satu ini adalah cara yang paling tepat untuk membawa obat ke dalam tubuh.

Namun, jika aplikasi tidak dimaksudkan untuk arbitrer, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli dan dokter hewan, dan kamu akan menerima obat dalam satu dosis dan satu dosis.

6. Berikan Vitamin

Untuk meningkatkan stamina kucing untuk perlindungan maksimal, kamu bisa menyediakan vitamin yang bisa kamu beli di toko hewan peliharaan terdekat.

Vitamin dapat meningkatkan daya tahan kucing, karena jika antibodi kuat kucing memakan jamur, tidak mudah untuk menyerang lagi. Ini merupakan upaya dalam membantu cara menghilangkan jamuran kucing.

7. Pemberian Salep

Krim dan saleb mengandung belerang, yang bisa mengobati jamur. Belerang enggan membiarkan jamur tumbuh karena bahan aktif yang dikandungnya. Betadine dianggap efektif dalam menangani jamur ringan.

Kamu juga dapat menggunakan semprotan jamur untuk alasan praktis karena sangat mudah digunakan jika kamu menyemprotkan pada area yang dipenuhi jamur yang pasti kamu semprotkan saat tubuh kucing kering.

Contoh semprotan yang bisa dijadikan referensi adalah luka virbac yang bisa kamu dapatkan di toko hewan peliharaan terdekat.

8. Bersihkan Kandang – Cara Menghilangkan Jamuran Kucing

Kandang adalah tempat paling rentan di mana jamur berkembang. Saat membersihkan kasing, penting untuk mempertimbangkan penempatan dan tidak menempatkannya di tempat yang lembab, jika tidak, lingkungan tidak akan menjadi segar.

Cobalah tempat yang kering dengan ventilasi yang memadai dan paparan sinar matahari ke area lain. kamu juga bisa menyemprotkannya dengan desinfektan.

cara menghilangkan jamuran kucing 3

9. Tidak Lembab

Agar ruangan itu bukan kucing basah, kamu bisa mengukurnya terlebih dahulu dengan hygrometer. Kelembaban ideal sekitar 40-50%. Pada titik ini jamur mati dan tidak bisa berkembang.

Menggunakan AC dan dehumidifier juga sangat membantu menjaga kelembaban dan kekeringan.

10. Cuci dan Rendam Peralatan Kucing

Barang apa pun yang dimiliki atau berada di dekat kucing dan telah terkontaminasi oleh jamur harus dicuci dengan sangat bersih. kamu dapat melakukannya dengan merendamnya dengan disinfektan.

Cara menghilangkan jamuran kucing lainnya dengan disinfektan, disinfektan berguna untuk mematikan kuman dan jamur abadi sehingga tidak ada inang yang dapat menjadi tempat tumbuh.

11. Memandikan Kucing dengan Kapur Belerang 0,5 – 5%

Sulfur kapur memiliki jumlah belerang yang relatif kecil, dengan merendam kucing dalam larutan ini sampai seluruh tubuh dibasahi, ini dapat memberikan perlindungan dan sekaligus menghilangkan jamur.

Cara penggunaannya, 2-4 kali perawatan anti jamur bisa dilakukan. Namun, ada efek samping yang membuat kucing tidak nafsu makan.

12. Campur Makanan dengan Obat dalam

Obat-obatan internal seperti itraconazone, ketoconazole, fluconazole, dll yang dapat kamu temukan di apotek terdekat. Untuk itrakonazon, kamu dapat memberikan sediaan ini sesuai dengan resep dokter atau dengan dosis 2 x 2 minggu, dicampur dengan makanan kucing.

Kemudian makanan berlemak direkomendasikan karena mereka mempercepat penyerapan obat di dalam tubuh kucing. Dengan efek samping yang sama seperti jeruk nipis, nafsu makan kucing berkurang. Namun, jangan memberikan obat ini kepada kucing hamil karena ini dapat merusak rahim.

13. Samphoo – Cara Menghilangkan Jamuran Kucing

Untuk sampo, kamu bisa menggunakan yang mengandung pavidone iodine dan sulfur yang bisa kamu dapatkan atau beli di toko hewan peliharaan atau apotek. Kemudian Samphoo dapat memberantas jamur seperti Trichophyton dan Microsporum, yang dapat menyebabkan jamur pada kucing.

14. Minyak Tawon

Minyak tawon diisi dengan cairan dalam botol kaca. Begitu banyak jenis minyak tawon, kamu dapat menggunakannya dengan topi merah sebagai pilihan, karena kucing pada dasarnya bukan pengguna minyak pijat, memilih minyak yang paling hangat adalah minyak minimal dan jumlah panas paling sedikit.

kamu dapat menggunakannya dengan mengumpulkan minyak tawon di dalam tubuh kucing, tetapi tidak terlalu banyak hanya dengan satu dosis perasaan. Oleskan minyak tawon dalam jumlah yang cukup, cukup sedikit, tetapi merata.

15. Cairan Herbal

Alternatif lain adalah menggunakan cairan herbal yang aman untuk kucing. kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di toko hewan peliharaan.

Cairan herbal biasanya mengandung bahan alami seperti daun srikaya, garam, jeruk nipis, serai, jahe, pahit, daun sirih dan cuka sari apel. Penggunaan minyak kelapa dan batu tulis herbal juga lebih aman untuk kucing kamu.

Selain cara menghilangkan jamuran kucing diatas mungkin adan patut mencoba juga dengan bahan alami seperti:

1.Cara Menghilangkan Jamuran Kucing dengan Lidah buaya

Lidah buaya penuh dengan sifat antiseptik, dan telah terbukti memiliki anti jamur dan anti bakteri properti. Gosokkan sedikit gel pada area yang terkena beberapa kali sehari sampai hilang.

Obat ini dapat menimbulkan pro kontra pada beberapa orang, karena lidah buaya dikatakan beracun untuk kucing, tetapi hanya bagian luar daun, bukan gel di dalamnya.

Tetap saja, lakukan aplikasi dengan mudah, karena kucing kamu bisa terkena diare jika terlalu banyak menelan.

Baca Juga:

Tahukah Kamu Cara Menghilangkan Jamur di Kucing?

2.Cuka Sari Apel

Bahan antijamur lain yang terbukti adalah cuka sari apel. Cuka sari apel benar-benar aman untuk digunakan pada kucing. Ini merupakan Cara Menghilangkan Jamuran Kucing Secara rumahan.

Cukup ambil kain atau kapas, celupkan ke dalam cuka murni, dan usap ke seluruh area yang terkena. Kamu dapat melakukan ini hingga tiga kali sehari.

3.VCO (Minyak Kelapa murni)

minyak VCO 

VCO (Minyak kelapa Murni) telah menunjukkan beberapa janji dalam mengobati infeksi kulit pada manusia, jadi ada alasan untuk percaya bahwa itu bisa bekerja pada kucing juga.

kamu dapat mengoleskan minyak cair langsung ke kulit hingga tiga kali sehari. Bagian terbaiknya adalah, meskipun tidak berhasil, kucing kamu akan memiliki bulu yang indah dan berkilau dari semua minyak.

4.Cara Menghilangkan Jamuran Kucing dengan Minyak serai

Minyak esensial ini dapat membunuh berbagai jamur, jadi ini adalah pilihan yang baik untuk menghentikan jamur. Cara menghilangkan jamuran kucing secara rumahan lainnya dengan menggunakan minyak serai.

Namun, itu benar-benar harus diencerkan terlebih dahulu (minyak kelapa membuat minyak pembawa yang sangat baik), karena minyak sereh murni dapat beracun bagi kucing.

5.Minyak Mur (Myrrh Oil)

Terbuat dari getah pohon asli Afrika dan Asia, minyak mur dapat digunakan untuk memerangi segala macam penyakit infeksi kulit. Ini adalah minyak esensial lain yang perlu diencerkan, tetapi jika kamu membuat tapal dengan itu, kamu mungkin dapat membersihkan bercak jamur dalam hitungan hari.

Myrrh essential oil

Penutup

Terima kasih telah membaca tulisan kami yang tentang  Gimana nih cara menghilangkan jamuran kucing? ini. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam merawat kucing peliharaan.

Jangan lupa share artikel ini pada teman penyayang binatang yang memiliki masalah yang sama.

Selalu berikan makanan yang alami berkualitas bagi hewan kesayangan Kamu seperti raw food kucing.

Silahkan baca artikel lain di website GogogMeong Raw Food Kucing – Anjing.

Artikel ini merupakan pelengkap dari artikel utama kami yang mengulas mengenai cara menghilangkan jamur pada kucing

error: Alert: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.