...

9 Tips Cara Memotong Kuku Kucing

Tulisan kali ini akan membahas cara memotong kuku kucing yang dapat kamu lakukan pada kucing kesayang kamu dirumah.

Pendahuluan

Banyak hal yang perlu dipahami saat merawat kucing, salah satunya adalah cara memotong kuku kucing. Banyak orang berpendapat bahwa memotong kuku kucing tidak perlu, karena kucing memiliki cara tersendiri untuk melepaskan atau menghilangkan lapisan kulit kukunya yang sudah tua.

cara memotong kuku kucing 1

Memang pendapat tersebut tidaklah salah, namun jika kuku kucing tidak dipotong akan menimbulkan banyak masalah.

Memotong kuku kucing adalah salah satu perawatan yang bisa dilakukan secara rutin. Kuku pada kucing mempunyai peran yang penting. Kuku kucing bisa menjadi senjata utama untuk kucing selain taringnya.

Pada kenyataanya masih banyak para pencinta kucing yang tidak perduli dengan memotong kuku atau juga masih banyak yang tidak tepat dalam memotong kuku kucing dirumah yang kemungkinan besar akan menyakiti kucing kamu.

Cara Memotong Kuku Kucing

Cara memotong kuku kucing memang terkesan sulit, tapi sebenarnya jika tau caranya kita bisa melakukannya di rumah. Ada cara dan trik memotong kuku kucing agar kucing tidak menyakar dan memberontak.

Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum kita memotong kuku kucing, sebagai berikut:

cara memotong kuku kucing 2

  • Kamu harus bisa memahami anatomy kuku kucing
  • Kamu harus memakai pemotong kuku yang tepat
  • Beri kucing makanan yang enak sebelum memotong kukunya, hal ini perlu agar kucing merasa senang dan tidak takut saat kukunya dipotong.

Kucing butuh kuku yang sehat dan baik untuk memanjat dan mencakar. Setidaknya kamu perlu memotong kuku kucing dengan teratur. Biasanya sih tiap 2 sampai 4 minggu sekali.

Baca Juga:

Apa Sih yang Menjadi Batas Memotong Kuku Kucing?

Bagaimana Sih Cara Menggunting Kuku Kucing yang Benar?

Penyebab Kuku Kucing Berdarah Saat Dipotong

Tips Cara Memotong Kuku Kucing

Agar tidak menyakiti dan melukain kucing ada baiknya kamu mengikuti tips- tips sebagai berikut:

1.Ruang Terang

Pastikan kamu melakukan pemangkasan kuku kucing di ruang yang cukup terang. Tujuannya, agar terlihat batas pertumbuhan kukunya, agar kamu nggak memotong kukunya terlalu pendek. Di ruang yang terang, kamu bisa melihat jaringan merah di kukunya yang disebut quick. Nah, disitulah batasannya.

2.Gunting dengan Cepat dan Yakin

Bersikap ragu dan tidak tegas saat memotong kuku kucing dapat menyebabkan kuku kucing hancur atau salah sasaran. Kecelakaan dapat terjadi jika kamu tidak sengaja memotong bagian quick. Jika kamu sudah yakin, maka segera gunting dengan cepat.

Kamu juga bisa loh dapet Info lainnya tentang Susu untuk kucing.  Atau Tips mengatasi kucing Stres.

3.Gunakan Gunting Khusus Hewan

Kamu harus menyiapkan gunting dan juga handuk sebagai kain untuk membalut kucing. Siapkan juga obat penahan darah untuk mengantisipasi kalau kuku kucing terluka.

cutting cats nails.

Gunakan gunting tajam dan sesuai untuk kuku kucing agar memudahkan kamu saat memotongnya.

Gunting kuku kucing yang berbentuk gunting kecil mungkin tidak terlalu menakutkan bagi kucing. Alat ini dirancang untuk kucing dari segala usia dan ukuran. Selain itu, gunting ini memiliki pegangan yang nyaman untuk mencegah salah sasaran.

Tapi untuk kuku yang tebal, gunting ini mungkin tidak cocok. Beberapa orang lebih suka menggunakan gunting guillotine. Alat ini memiliki cincin oval tempat kamu memasukkan kuku untuk memotong ujung kuku yang terbuka. Pastikan pisaunya tajam, karena jika tumpul akan menghancurkan kuku kucing.

4.Buat Kucing Tenang dan Nyaman

Cara memotong kuku kucing selanjutnya yaitu kamu terlebih dahulu harus membuat kucing tersebut tenang dan bersandar senyaman mungkin. Kamu dapat menenangkannya dengan cara memangku kucing tersebut sekaligus membelainya hingga ia merasa tenang dan nyaman.

Berikan waktu yang cukup untuk membelai kucing terlebih dulu atau sikat atau sisir bulu kucing sebelum memotong kukunya. Jika kamu secara frontal langsung memotong kukunya, maka kamu dianggap tidak sopan.

Kucing yang tenang akan mempermudah proses memotong kukunya. Kucing yang belum terbiasa dipotong kukunya akan sulit dikendalikan. Oleh karena itu kamu perlu menjaga kucing agar si kucing tidak lari saat kukunya dipotong.

Sebisa mungkin minta bantuan orang lain untuk memegang kucing dan menjaga kucing tetap diam saat proses pemotongan kuku berlangsung. Kucing yang sudah terbiasa kukunya dipotong akan lebih mudah memotong kukunya.

5.Pegang Kuku Kucing

Sebelum memulai memotong kuku, kamu bisa mencoba berlatih mengeluarkan kukunya dengan cara memberikan tekanan lembut pada bantalan tiap jari kakinya. Selanjutnya kamu harus menggenggam lembut kaki kucing tersebut dan tekan bantalan kakinya agar kuku kucing timbul secara utuh keluar.

Hal tersebut akan memudahkan kamu memotongnya. Kamu dapat menekan bantalan kaki kucing dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk kamu. Menekannya tak perlu dilakukan dengan keras ya. Tekanlah dengan pelan dan lembut agar si kucing tetap merasa nyaman.

cara memotong kuku kucing 3

6.Potong Kuku dengan tepat dan Jangan Terlalu Pendek

Potong bagian kuku kucing yang tajam saja, jangan terlalu dalam. Kita saja, kalau kuku kita dipotong terlalu dalam bisa kesakitan kan, kucing juga sama.

Hindari menggunting sampai ke bagian kuku yang berwarna pink. Karena di bagian itu ada pembuluh darah dan juga syaraf.

Quick adalah bagian kuku berwarna merah muda di ujung jari kaki yang berisi saraf dan pembuluh darah. Menggunting area ini menyebabkan pendarahan dan rasa sakit pada kucing.

Kuku kucing berwarna semi-transparan, dan biasanya ada jarang yang cukup antara ujung kuku dan quick. Itu adalah area yang aman untuk menggunting kuku. Bagi pemula, sebaiknya potong hanya bagian paling tajam di ujung kuku.

Pastikan kamu fokus menggunting kukunya. Maka dari itu, awali dengan menggunting sedikit kuku kucing. Lalu mulailah menggunting kukunya dengan menyisakan beberapa milimeter dari ujung jaringan merah. Ingat, jangan terlalu pendek ya!

7.Potong Secara Vertikal dari Atas ke Bawah
Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah posisi dan cara memotong kuku kucing tersebut. Jangan potong kuku kucing dengan cara menyamping, melainkan harus dipotong secara vertikal, yakni dari atas ke bawah.

Ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan yang akan dirasakan kucing. Kemudian gunting kuku kucingmu dengan lembut.

Setelah kamu menekan bantalan kaki kucing, dan kuku kucing keluar, potong kuku tersebut dari atas ke bawah dengan perlahan. Jika memotong dari samping dapat menyebabkan kuku kucing pecah dan membuat pertumbuhan dan tampilannya tidak teratur. Oleh karena itu kamu harus memotongnya dengan posisi yang benar ya.

Bukan di potong dari sisi. Jika kamu nggak punya pisau pemotong khusus untuk kuku kucing, bisa juga pakai gunting kuku dewasa dengan pisau yang tajam. Jangan tumpul ya karena bisa ‘menyiksa' kucing.

8.Memberikan reward ke kucing

Kucing juga makhluk hidup yang punya perasaan lho! Maka dari itu, setiap kuku yang sudah dipotong, ada baiknya kamu memberikan pujian, salah satunya dengan memberikan makanan. Raw food kucing bebek kelinci merk GogogMeong mungkin bisa jadi pilihan kamu!

cat with little snack

Jika sudah selesai memotong kuku kucing, maka berikan dia reward, bisa dengan menyiapkan makanan lezat ke dalam mangkuknya. Ulangi langkah ini sampai semua kuku terpotong dengan baik dan benar.

9.Waktu memotong Kuku Kucing

Biasanya, waktu yang ideal untuk memotong kuku kucing adalah 2 sampai 4 minggu sekali. Namun ada juga yang berpendapat memotong kuku kucing sebaiknya dilakukan setiap sepuluh hari hingga dua minggu. Kegiatan ini sebaiknya dijadikan rutinitas bersama.

Jika kucing tidak mengizinkan kamu memotong kukunya, mintalah bantuan dokter hewan. Hindari marah atau menghukum kucing jika kucing menolak untuk digunting kukunya.

Baca Juga:

21 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Penutup

Terima kasih telah membaca tulisan kami yang tentang 9 Tips Cara Memotong Kuku Kucing ini. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam merawat kucing peliharaan.

Jangan lupa share artikel ini pada teman penyayang binatang yang memiliki masalah yang sama.

Selalu berikan makanan yang alami berkualitas bagi hewan kesayangan Kamu seperti raw food kucing.

Silahkan baca artikel lain di website GogogMeong Raw Food Kucing – Anjing.

Artikel ini merupakan bagian dari cara memotong kuku kucing yang baik dan benar.

error: Alert: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.