13 Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Memelihara kucing dirumah menjadi kesenangan tersendiri bagi kamu, namun apakah kamu tahu cara melebatkan bulu kucing secara alami?

Pendahuluan – Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup banyak dipelihara di dunia, merawat kucing akan sangat menyenangkan disaat melihat kucing yang aktif dan berbulu lebat dan sehat. Tingkahnya yang lucu, sulit ditebak dan terkadang aneh, membuat kamu terhibur saat melihatnya.

Ada banyak jenis kucing yang kerap dipelihara mulai dari anggora, persia, hingga kucing domestik. Masing-masing kucing memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, misalnya ada yang berbulu pendek dan berbulu panjang. Namun demikian, Kucing tetaplah hewan dengan bulu tebal.

Terlepas dari jenisnya, tampilan bulu kucing juga dipengaruhi dari cara merawatnya. Namun, kucing juga termasuk hewan yang sensitif, sehingga bulunya lebih cepat rontok. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan yang tepat agar bulu kucing tetap lebat dan cantik.

Namun, tidak semua pemilik kucing tahu cara melebatkan bulu kucing secara alami. Nah, jika kamu ingin tahu caranya, simak ulasan berikut ini!

 

13 Cara melebatkan bulu kucing secara alami 1

 

Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Kondisi kulit dan bulu kucing dapat menjadi indikator kesehatan dari hewan peliharaan kamu. Bulunya harus mengkilap, halus, tidak mudah rontok, dan kulitnya harus kenyal serta bersih.

Memang kesehatan dan nutrisi dapat memengaruhi kilau dan tekstur dari bulu kucing dari dalam, perawatan rutin juga diperlukan agar bulu kucing tetap lebat dan bersih, apa pun jenis bulunya.

Baca Juga: Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

Cara melebatkan bulu kucing secara alami di bawah ini mencakup menjaga asupan makan hingga menjaga kebersihan tempat tinggalnya, lho.

1.Jauhkan Kucing dari Stres

Seperti halnya manusia, stres adalah salah satu penyebab rambut rontok pada kucing. Jika kamu melihat kucing kamu agak stres dan bulunya rontok, kamu bisa membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mengetahui tingkat stres kucing itu. Dokter hewan biasanya akan menangani stres pada kucing dengan memberikan obat anti-kecemasan.

Selain obat-obatan, kamu juga harus memperhatikan apa yang menyebabkan kucing kamu stres. Setelah kamu mengidentifikasi penyebabnya, kamu harus menjauhkannya dari kucing kamu.

Contoh penyebab stres pada kucing adalah tempat mereka tinggal. Terkadang ada kucing yang lebih suka tinggal di dalam rumah daripada di luar rumah. kamu harus peka terhadap keinginan kucing agar kucing tidak stres.

2.Rutin Memandikan Kucing

Cara melebatkan bulu kucing secara alami agar bulu kucing tetap lebat adalah dengan rutin memandikannya. Kucing yang jarang mandi rentan menjadi sarang kutu, cacing, dan parasit yang menyebabkan penyakit.

Selain itu, penyakit kulit juga rentan terjadi akibat jarang dimandikan, yang bisa membuat bulunya menjadi rontok. Maka dari itu, pastikan untuk rutin memandikannya dengan air hangat, paling tidak seminggu sekali agar pertumbuhan bulunya tetap lebat.

kamu harus memperhatikan jenis kulit kucing kamu. Apakah cenderung kering atau berminyak? Setelah kamu mengetahuinya, kamu dapat menggunakan sampo yang tepat untuk menjaga kulit tetap sehat dan rambut menjadi lebih sehat. Memilih sampo yang tepat bisa menjadi cara melebatkan bulu kucing secara alami yang dapat kamu lakukan.

3.Rutin Menyisir Bulu Kucing

Selain rutin memandikan, kamu juga perlu menyisir bulu kucing secara rutin agar bulu-bulu yang rontok bisa terlepas dari badannya. Sebab, bulu yang rontok dan tetap menempel di tubuh kucing dapat menghambat pertumbuhan bulu lainnya.

Bulu-bulu rontok itu menutupi permukaan kulit di mana bulu baru akan tumbuh. Bulu rontok yang tidak segera disisir atau dihilangkan juga bisa menggumpal bersama kotoran. Menyisir bulu kucing dengan tepat merupakan cara melebatkan bulu kucing secara alami.

Ketika kamu menyisir bulu kucing, kamu harus beradaptasi dengan panjang bulu kucing kamu. Jika kamu memiliki kucing dengan bulu panjang, kamu harus menyisir dan menyikat bulu kucing setiap hari.

Dengan menyisir, kamu bisa menghilangkan rambut mati sehingga rambut baru bisa tumbuh. Selain itu, menyikat gigi bisa mengurangi munculnya benjolan bulu pada kucing. Manfaat lain dari menyisir dan menyikat gigi adalah menjaga kesehatan kulit kucing.

Kucing dengan rambut pendek tidak harus diperlakukan seperti kucing berambut panjang setiap hari. Kucing jenis ini dapat disisir dan disikat seminggu sekali atau dua kali. Saat menyikat kucing, kamu bisa menggunakan kain karena lembut di kulit kucing dan bisa menghilangkan bulu yang sudah rontok segera.

Untuk dapat membersihkan kucing, kamu harus menggunakan sikat yang sesuai. Biasanya kamu bisa menggunakannya dengan sisir plastik, sisir besi atau karet. Semua sisir dan kuas yang digunakan dirancang khusus untuk kucing. Pemilihan menggunakan sisir atau sikat khusus kucing merupakan cara melebatkan bulu kucing secara alami.

Selain itu, kamu bisa menyeka kucing dengan kain setelah disisir. Kegiatan ini dapat menghilangkan rambut rontok dan meningkatkan kualitas bulu kucing kamu.

4.Mendapat Cukup Sinar Matahari

Cara melebatkan bulu kucing secara alami berikutnya adalah menjemur kucing di bawah sinar matahari. Sama seperti manusia, kucing juga perlu menyerap vitamin D dari sinar matahari. Kucing sangat suka kehangatan, sehingga vitamin D yang terserap akan digunakan untuk menguatkan dan melebatkan bulunya.

Sinar matahari juga dapat membunuh parasit, kuman, dan bakteri yang menempel di bulu kucing. Jika kamu ingin menggantungkan kucing, kesesuaian terbaik adalah antara 8 pagi dan 9 pagi karena suhu saat ini tidak terlalu tinggi. kamu bisa mengajak kucing berjemur maksimal 10 menit setiap pagi agar bulunya semakin lebat.

5.Perhatikan Kebersihan dan Suhu Tempat Tinggalnya

Agar kucing memiliki bulu lebat, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Rumah atau kkamung yang kotor bisa menjadi sarang parasit yang bisa merusak bulu kucing. Pastikan kucing merasa nyaman berada dikkamung atau lingkungan sekamurnya.

Memperhatikan kebersihan rumah/kkamung menjadi salah satu cara melebatkan bulu kucing secara alami.

Kucing memiliki mekanisme sendiri untuk menjaga panas tubuh dan terletak di bulu. Kucing memiliki suhu normal di antara 37 hingga 38 derajat celcius. Suhu tersebut akan membuat kucing merontokkan bulunya untuk menjaga panas tubuh. Jadi pastikan untuk kucing tidak kepanasan setiap harinya.

6.Perhatikan Pola Diet

Selanjutnya, cara melebatkan bulu kucing secara alami dapat dilakukan dengan pola diet. Sebagai pemilik kucing, hewan ini perlu diberi makan secara seimbang dan sesuai dengan sifatnya. Jika kamu hanya memberi makan satu jenis saja, seperti makanan kering, tentu dapat menimbulkan efek negatif pada penampilan bulunya.

Pastikan kamu memberikan makanan yang kaya akan kandungan lemak omega 3, 6, vitamin, dan juga nutrisi lainnya. Lakukan hal ini agar bulu kucing tetap lebat.

 

13 Cara melebatkan bulu kucing secara alami 2

 

7.Perhatikan Makanan Kucing

kamu perlu tahu bahwa rambut sehat dijaga melalui nutrisi yang baik. Jika kucing tidak mendapatkan nutrisi penting dalam makanannya, kesehatan kulit dan bulunya juga bisa terganggu. Makanan kucing harus mengandung protein yang cukup untuk melindungi kulit dan mendukung pertumbuhan rambut.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa makanan basah dan makanan kering disediakan oleh kamu dalam jumlah yang seimbang. Kombinasi makanan kucing yang tepat dapat memengaruhi kebutuhan cairan kucing. Sehingga ini bisa menjadi cara melebatkan bulu kucing secara alami.

Makanan kucing harus diganti tergantung pada usia kucing. kamu tidak dapat memberikan makanan kucing kecil untuk kucing dewasa. Jika kucing kamu tidak menerima makanan yang sesuai dengan usia dan kesehatannya, ini juga dapat memengaruhi kesehatan kulit dan bulu kucing. Sebaiknya berikan makanan kucing sesuai usianya ini akan membantu kamu dalam cara melebatkan bulu kucing secara alami.

8.Berikan Vitamin

Cara melebatkan bulu kucing secara alami selanjutnya, untuk membuat bulu kucing terlihat lebih tebal, kamu dapat menyediakan vitamin pertumbuhan rambut yang tersedia di Petshop.

Selain itu, kamu juga dapat memasok vitamin E, yang terkandung dalam suplemen vitamin untuk manusia. Vitamin E sangat berguna dalam menjaga kelembaban kulit kucing. Manfaat lain dari vitamin E ini adalah dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal serangan radiasi UV yang dapat mengeringkan kulit kucing.

9.Beri Kuning Telur

Untuk mempromosikan pertumbuhan rambut kucing, kamu dapat menawarkan kuning telur sebagai makanan kucing. Cara melebatkan bulu kucing secara alami dengan kuning telur dapat diberikan maksimal tiga kali seminggu dan tidak harus dilakukan terlalu sering.

Telur yang digunakan adalah telur desa dan harus dipastikan hanya kuning telur yang digunakan. Protein mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi vitamin B biotin, yang sangat penting untuk pertumbuhan kucing. Karena itu, protein memiliki dampak negatif pada kesehatan kucing kamu.

10.Berikan Asupan Lemak

Cara melebatkan bulu kucing secara alami yang ke 10.  Kehilangan bulu kucing bisa disebabkan oleh kurangnya lemak pada makanan kucing.

Biasanya makanan kucing di pasaran sudah mengandung lemak yang cukup. Atau jika masih hilang, kamu bisa memasukkan 1 sendok makan minyak zaitun ke dalam makanan kucing. Lakukan ini setiap kali anggota makan kucing kamu.

11.Memberikan Minyak Ikan

Salah satu cara melebatkan bulu kucing secara alami adalah, dengan memberikannya minyak ikan 1x dalam seminggu. Minyak ikan mengandung omega 3, yang bagus untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Tambahkan juga omega 6, yang bisa kamu dapatkan dari kulit ayam dan minyak sayur untuk hasil yang maksimal.

12.Pastikan Kucing Tidak Alergi

Cara melebatkan bulu kucing secara alami lainnya adalah dengan memastikan kucing tidak alergi. Alergi adalah salah satu penyebab rambut rontok pada kucing. Jika kucing terus-menerus menderita kerontokan rambut dan tidak diketahui penyebabnya, kamu harus curiga ada makanan yang memiliki efek alergi pada kucing.

Untuk menentukan apa yang alergi kucing, kamu bisa membawanya ke dokter hewan. Alergi pada kucing dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada kulit, sehingga bulu kucing dapat dengan mudah rontok. Dokter hewan biasanya menyediakan obat anti-inflamasi yang dapat meredakan radang kulit sehingga rambut baru dapat tumbuh dengan baik.

 

 

13.Perhatikan kesehatan kucing

Salah satu penyebab kerontokan pada kucing adalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh kucing. Karena itu kamu harus menjaga kesehatan umum kucing kamu.

Jika rambut kucing terus rontok dan penyebabnya tidak diketahui, kamu perlu membawa kucing kamu ke dokter hewan sehingga penyebab lain dapat diidentifikasi. Menjaga kesehatan kucing menjadi yang terakhir cara melebatkan bulu kucing secara alami.

Penutup – Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Sekian pembahsan kamu tentang 13 cara melebatkan bulu kucing secara alami, semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel kamu, jika ada kekurangan silahkan tambahkan dikolom komentar.

Jangan lupa share artikel ini pada teman penyayang binatang yang memiliki masalah yang sama.

Selalu berikan makanan yang alami berkualitas bagi hewan kesayangan Kamu seperti raw food kucing.

Silahkan baca artikel lain di website GogogMeong Raw Food Kucing – Anjing.

error: Alert: Content is protected !!